Bukit Barisan

Sejarah Peradaban seperti Sejarah Alam yang Berulang

ZA’FARAN dan MISK/Kesturi/MUSK

Posted by Bukit Barisan pada September 16, 2010

Dalam hadits yang mulia terdapat perkataan Za’faran dan Misk

Diriwayatkan dari Anas r.a, ia berkata, “Nabi shallallahu alaihi wassalam melarang menggunakan za’faran(1)(HR Bukhari [5846] dan Muslim [2101]).

Diriwayatkan dari Ammar bin Yasir rhadiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. bersabda, “Tiga orang yang tidak akan didekati malaikat, mayat orang kafir, seorang yang berlebihan menggunakan wewangian yang terbuat dari za’faran, dan seorang yang sedang junub hingga ia berwudhu,” (Hasan lighairhi, HR Abu Dawud [4180]

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr r.a, ia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wassalam melihatku sedang memakai dua potong baju yang sudah dicelup dengan warna kuning. Lantas beliau bersabda, “Ini pakaian orang kafir, jangan kamu pakai.”

Dalam riwayat lain tercantum, “Apakah ibumu yang telah menyuruhmu memakai baju ini?” Aku katakan, “Apakah aku harus mencuci baju ini?” beliau bersabda, “Bahkan kamu harus membakarnya,” (HR Muslim [2077]).

Bagian Za'faran (Orange=6=Stigma, Pink=Corolla/kelopak bunga,kuning=2=stamens, coklat=corm)

Bunga Za'faran (Crocus Sativus)

Kumpulan Stigma Za'faran yang nanti diekstrak jadi warna kuning keoranyean

Bunga ini sudah terkenal sejak zaman perunggu. Za’faran diambil dari stigma bunga crocus sativus . Bunga mungil cantik berwarna ungu muda ini muncul di musim gugur dan memanen stigma-nya harus sebelum matahari muncul. Tidak seperti memanen kentang yang bisa memakai mesin, memanen za’faran harus dengan cara stigma dipetik satu persatu dengan tangan. Memanennya harus setiap hari selama 6 minggu, karena satu rumpun crocus bisa mekar dua-tiga kali. Setelah stigma dipetik, stigma-stigma ini akan dikeringkan dalam dehydrator selama 2 jam. Untuk menghasilkan 500 g za’faran dibutuhkan 70.000 stigma. Bisa dibayangkan mengapa za’faran sangat mahal.

"Ini pakaian(dgn warna za'faran) orang kafir, jangan kamu pakai."(HR. Muslim)

Rumus untuk mendapatkan warna kuning Za'faran

Rumus untuk mendapatkan warna Za’faran di web atau software grafik

Hex triplet     #F4C430
RGB     (r, g, b)     (244, 196, 48)
HSV     (h, s, v)     (45°, 80%, 96%)

http://en.wikipedia.org/wiki/Saffron_%28color%29

MISK

Hadits Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Setiap amalan Bani Adam dilipatgandakan. Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali kebaikan sampai dengan tujuh ratus kali lipat. Allah Subhanallahu wa Ta’ala berfirman: “Kecuali shaum (puasa). Maka sesungguhnya ia (puasa) untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya; dia (hamba) meninggalkan syahwat dan makannya karena Aku. Dan bagi orang yang puasa ada dua kebahagiaan yaitu ketika berbuka dan bertemu Rabbnya. Dan sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah daripada aroma misk/kesturi.” (HR. Muslim no. 1945)

kemudian hadits ini menunjukkan larangan berteman dengan orang-orang yang dapat merusak agama maupun dunia kita:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa Al Asy’ari)

Civettictis civetta (Musang Kesturi Ethiopia/Habasyah/Al Habsyi)

Civet (Musang Kesturi):  Spesies kesturi yang dipakai dalam dunia parfum berasal dari barat daya Etiopia. Hewan ini punya kantong perut berbentuk bulan sabit, yang terletak didekat alat vitalnya. Kantong perutnya menghasilkan viverreum, substansi kental berwarna kecokelatan beraroma keras. Namun, setelah diolah menjadi parfum, kesan sensual dan kehangatanlah yang terasa.

Siberian Musk Deer

Sumber misk/kesturi yang lain didapat dari sekresi aroma yang diproduksi kelenjar perut rusa jantan tak bertanduk (musk deer). Rusa ini hidup di Asia Tengah dan di Pegunungan Himalaya

Nota:

1) Khusus larangan buat laki-laki

Sumber :

– Diadaptasi dari Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali, Al-Manaahisy Syar’iyyah fii Shahiihis Sunnah an-Nabawiyyah, atau Ensiklopedi Larangan menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, terj. Abu Ihsan al-Atsari (Pustaka Imam Syafi’i, 2006), hlm. 3/238-239

– Wikipedia

3 Tanggapan to “ZA’FARAN dan MISK/Kesturi/MUSK”

  1. yazid said

    assalamua’laikum wr.wb,
    saya mau share aja pada para pembaca yg budiman,mgkn ada yg bs ngasih saran ataupun pendapat,di atas terdapat hadist yg menerangkan tentang berteman dengan pandai besi,saat ini saya mempunyai beberapa bilah keris,apa itu termasuk hal yg di atas?karena ROSULULLOH pun mempunyai beberapa bilah pedang yg sangat terkenal,mohon pendapat para pembaca yg budiman ataupun pengasuh,terima kasih,mohon dibalas di email saya,

    • Bukit Barisan said

      wa’alaikumsalam wr. wb
      Pertanyaannya kurang jelas karena hubungan bilah pedang dengan manusia apa? mungkin maksud pertanyaannya berteman dengan pandai besi yang membuatkan pedang/keris/pisau untuk anda.

      hadits di atas hanya permisalan. Sahabat nabi ada juga yang pandai besi yaitu Khabbab ibnu Arats radhiyallahu anhu. Dan telah dimaklumi bahwa suatu negara atau pemerintahan memerlukan ahli membuat senjata (dalam hal ini pandai besi).

      wallahu a’lam.

      • k said

        InsyaAllah maksud hadist itu gini bila berteman orang solhih (pemilik minyak kesturi) kita akan dapat ilmu dan yang lainya yang bersifat baik. Sedang berteman dengan orang jelek (pandai besi) atau bisa diartikan dengan tabiat yang buruk/tidak beriman kita bisa terpengaruh tabiat atau kelakuan si pandai besi tersebut.

        mohon maaf jika ada yang salah, saya juga masih belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: